Konfigurasi File Sharing Server Menggunakan Samba Pada Debian

Friday, March 27, 2020

PENDAHULUAN
Halo semuanya!!! Salam sobat networkers, bertemu lagi dengan saya di blog ini tentunya. Pada postingan kali ini saya akan bahas tentang Konfigurasi File Sharing Server Menggunakan Samba Pada Linux Debian. Tapi sebelum masuk ke konfigurasi, seperti biasa kita akan bahas sedikit mengenai pengertian dari File Sharing Server ini.

Pengertian File Sharing Server
File Sharing Server adalah layanan yang digunakan untuk melakukan sharing file pada jaringan skala kecil atau yang disebut dengan Local Area Network (LAN). Dengan memanfaatkan layanan ini kita bisa melakukan pengolahan data secara terpusat dalam suatu jaringan.

Ada beberapa protocol yang bisa digunakan untuk membangun file sharing server ini, seperti samba dan nfs. Namun pada postingan kali ini saya hanya akan bahas cara konfigurasi file sharing menggunkan samba.

Skenario Jaringan
Skenario jaringan pada konfigurasi file sharing server ini saya menggunakan topologi seperti berikut.
Perhatikan topologi diatas, saya memiliki satu buah server yang akan digunakan sebagai file sharing server lalu saya memiliki dua buah client, Ubuntu dan Windows. Nantinya saya akan membuat dua buah direktori yang akan pada File Sharing Server ini, yang pertama bernama secret, direktori ini menggunakan user authentication alias diperlukan login untuk mengakses direktori tersebut, dan yang kedua adalah direktori Public, direktori ini menggunakan anonymous login jadi tampa perlu login client sudah bisa mengakses direktori tersebut. Namun saya akan bedakan hak akses untuk authentication user dan anonymous user, authentication user akan mendapatkan hak akses full read and write (rwx) terhadap direktori yang diakses sedangkan  untuk anonymous user hanya akan mendapatkan hak akses read-only (r-x).

File Sharing Authentication User
Pertama kita akan membuat direktori khusus yang akan digunakan untuk sharing. Direktori yang saya buat adalah /samba dan didalam direktori tersebut saya akan buatkan direktori lagi bernama secret yang menggunakan Authentication alias login untuk mengakses direktori tersebut. Berikut perintah yang digunakan.
Karna hak akses untuk Authentication User ini adalah full maka kita harus ubah hak akses folder tersebut menjadi full (rwx). Berikut perintah yang digunakan.
Sekarang kita install samba dengan perintah sebagai berikut.
Saya akan membuat user dan password yang digunakan untuk login. user yang saya buat adalah setya. Pasword yang dibuat ini (smbpasswd) berbeda dengan Password yang digunakan untuk login ke system operasi. Perintah yang digunakan adalah seperti berikut.
Selanjutnya kita akan mengedit file konfigurasi /etc/samba/smb.conf tapi sebelumnya saya akan backup terlebih dahulu file tersebut untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan nantinya. Berikut konfigurasi yang lakukan pada file smb.conf.
Kemudian kita restart service samba dengan perintah sebagai berikut.
Kita bisa cek konfigurasi kita tadi dengan perintah testparm sebagai beirkut.
Sekarang kita akan melakukan pengujian pada localhost, untuk melakukan pengujian tersebut kita harus menginstall smbclient dengan perintah sebagai berikut.
Sebelum mengakses samba pada localhost, saya akan membuat sebuah file agar nantinya bisa kita lihat file tersebut pada saat kita sudah mengakses samba.
Cek dahulu alamat IP atau domain yang sobat gunakan dengan menggunakan tool PING, karena saya menggunakan domain saya PING ke domain yang sudah saya translasikan ke IP Address milik server.
Untuk mengakses samba format perintah nya adalah seperti berikut smbclient -U (nama_user) //(IP Address ataupun Domain)/[nama section yang dibuat pada smb.conf] kurang lebih contohnya seperti berikut.

Tadi adalah pengujian pada localhost atau pada server itu sendiri. Sekarnang kita akan melakukan pengujian pada Ubuntu-client. Buka file Explorer pada ubuntu. lalu masukkan url seperti contoh smb://servdeb.net/secret-samba
Kemudian akan langsung muncul pop-up login, disini sobat bisa login menggunakan user dan passowrd yang sudah dibuat tadi.
Maka setelah login folder sharing sudah dapat kita akses dan gunakan pada Ubuntu-client.
Terakhir kita akan melakukan pengujian pada Windows-client. Pada windows tekan windows + R untuk membuka run. lalu pada bar ketikkan seperti contoh \\servdeb.net\secret-samba.
Sama seperti sebelumnya, akan ada pop up untuk login. Silahkan login dengan user yang sudah dibuat sebelumnya.
Maka setelah login folder sharing sudah dapat kita akses dan gunakan pada Windows-client.

File Sharing Anonymous Login
Untuk menyiapkan file sharing bagi anonymous login, kembali ke server debian. Lalu disini saya akan membuat direktori khusus untuk Anonymous Login dengan nama /samba/Public dan didalam direktori tersebut saya akan buat lagi 3 direktori lain yaitu Videos, Music, dan Software. Lalu pastikan hak aksesnya adalah read-only (r-x). Berikut perintah yang digunakan.
Lalu edit file konfigurasi smb.conf untuk anonymous login seperti berikut.
Restart service samba.
Kemudian coba melakukan pengujian pada localhost dengan mengganti nama user menjadi nama section yang dibuat pada file konfigurasi smb.conf. Dan pada kolom password biarkan kosong lalu enter. maka akan bisa diakses seperti berikut.
Selanjutnya kita akan melakukan pengujian pada Ubuntu-client. Seperti pada sebelumnya, hanya pada nama sectionnya kita ganti menjadi anonymous-samba sesuai dengan nama section yang dibuat pada file konfigurasi smb.conf masukkan alamat url samba pada bar di file explorer seperti contoh berikut.
Maka secara otomatis akan langsung bisa mengakses ke direkoti tampa harus login terlebih dahulu.
Untuk Windows juga sama seperti sebelumnya, hanya pada nama sectionnya kita ganti menjadi anonymous-samba sesuai dengan nama section yang dibuat pada file konfigurasi smb.conf seperti berikut.
Maka secara otomatis akan langsung bisa mengakses ke direkoti tampa harus login terlebih dahulu.

PENUTUP
Oke lah sobat segitu dulu pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mudah dimengerti. Postingan saya tersebut jauh dari kata 'SEMPURNA' jIka ada kesalahan pada postingan saya kali ini saya mohon maaf karna saya juga masih dalam tahap belajar. Jangan lupa berbagi ilmu yang kita bisa kepada orang lain agar kita bisa manjadi manusia yang bermanfaat. Salam sobat networkers.

You Might Also Like

1 comments

  1. Best Betting Sites in the United States | USBA - WORRione
    BetUS — Best Betting Sites in the 바카라 추천 사이트 United States · Bovada: Best for free bets and moneylines · Betway: Best for Bovada is a trusted gambling site

    ReplyDelete

Popular Posts