Cara Mengkonfigurasi Linux Debian Sebagai PPPoE Client

Sunday, March 01, 2020


PENDAHULUAN
Halo semuanya!!! Salam sobat networkers, balik lagi dengan saya di blog ini tentunya. Pada pertemuan kita kali ini saya akan bahas mengenai Cara Mengkonfigurasi Linux Debian Sebagai PPPoE Client. Postingan kali ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya yaitu tentang Konfigurasi Dasar PPPoE Mikroitk RouterOS, pada posintingan tersebut saya membahas cara konfigurasi PPPoE Server pada Mikrotik dan PPPoE Cient pada windows, sobat bisa mampir ke postingan tersebut, Klik disini. oke lanjut ke konfigurasi 

KONFIGURASI LINUX DEBIAN SEBAGAI PPPoE CLIENT

1. Buka terminal, lalu login sebagai Super User dengan command 'su'.

2. Install  Package pppoeconf, bisa menggunakan repository ataupun juga DVD Debian. Dan jalankan program pppoeconf tersebut. Perhatikan command berikut.
3. Setelah program dijalankan tunggu loading scanning device untuk menscann interface mana yang terhubung ke PPPoE Server. setelah loading selesai interface akan terdeteksi lalu Pilih Yes seperti gambar dibawah.

4. Pada tampilan 'POPULAR OPTIONS' Pilih Yes lagi untuk melanjutkan.

5. Sekarang kita akan diminta untuk memasukkan Username yang didapat dari PPPoE Server, masukkan username dengan benar kemudian OK.

6. Selanjutnya juga masukkan Password yang didapat dari PPPoE Server, Masukkan Password dengan benar kemudian OK.

7. Pada tampilan 'USE PEER DNS' Pilih Yes saja agar kita mendapat pengaturan DNS Server dari PPPoE Server.

8.  Pada tampilan 'LIMITED MSS PROBLEM' Pilih NO agar aksesnya tidak dibatasi atau diLimit.

9. Setelah itu akan muncul tampilan bahwa konfigurasi telah selesai, Pilih Yes.

10. Maka akan muncul pemberitahuan untuk memulai koneksi, Pilih Yes.

11. Sekarang konfigurasi telah selesai, OK.

12. Setelah berhasil maka akan ada interface baru bernama 'ppp0' lalu untuk memastikkan koneksi internet kita bisa PING ke google.com, Seperti contoh berikut ini.

PENUTUP
Oke sobat begitulah KonfigurasiNya, Mudah bukan?? Kalau masih bingung tanyakan saya di kolom komen dan pastinya postingan saya ini jauh dari kata “Sempurna” maka dari itu kurang atau lebihNya saya mohon maaf. Semoga postingan saya tadi bermanfaat bagi sobat yang sedang belajar Cara Mengkonfigurasi Linux Debian Sebagai PPPoE Client, Sobat bisa share postingan ini jika bermanfaat dan Jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu yang kita miliki ya sobat. Salam Sobat Networkers

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts