Cara Membuat Virtual Host Pada Web Server IIS | Windows Server 2012

Saturday, March 07, 2020


PENDAHULUAN
Halo semuanya!!! Salam sobat networkers, balik lagi dengan saya di blog ini tentunya. Pada postingan saya kali ini saya akan membuat tutorial Cara Membuat Virtual Host Pada Web Server IIS. Virtual Host atau yang biasa disebut Virtual Hosting merupakan metode yang digunakan untuk meng-Host bebarapa website dalam satu server. Pada skenario kali ini saya akan membuat dua buah website dalam satu server menggunakan satu IP Address dan dua sub-domain, yaitu dengan IP Address 192.168.140.14 dan memiliki dua website dengan subdomain web.setya.net dan site.setya.net masing-masing memiliki konten yang berbeda. Jadi sebelum membuat konfigurasi ini sobat harus sudah mengerti cara install dan konfigurasi IIS dan DNS pada windows server, sobat bisa baca postingan saya sebelumnya pada link berikut :
LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT VIRTUAL HOST
  • Langkah pertama yaitu memubuat sub-domain untuk dua website yang akan kita buat, untuk membuat sub-domain kita bisa menambahkan Host (A) pada Forward lookup zone domain yang sudah kita buat. disini saya membuat sub-domain yang pertama yaitu web.setya.net dengan IP Address 192.168.140.14, ceklis pada "Update associated pointer (PTR) record) agar nanti bisa membuat PTR pada reverse zone secara otomatis. Perhatikan gambar berikut.

  • Lalu buat sub-domain yang kedua, disini sub-domain kedua saya adalah site.setya.net seperti gambar berikut.

  • Pastikan dua Host (A) sudah ada pada forward zone domain kita.

  • Pastikan juga pada reverse zone juga sudah otomatis membuat dua PTR record.

  • Sekarang sobat bisa cek kedua sub-domain tadi sudah berjalan dengan PING kedua sub-domain tersebut.

  • Sebelum kita lanjut mengkonfigurasi ke IIS Manager, siapkan dahulu Web direktori yang berisi file HTML dengan format 'iistart.htm" agar nanti web direktori ini bisa berfungsi. Berikut adalah web direktori untuk website pertama dengan sub-domain web.setya.net.

  • Siapkan juga web direktori untuk website yang kedua, berikut adalah web direktori untuk website kedua dengan sub-domain site.setya.net.

  • Sekarang kita buka IIS Manager, lalu Stop Default Web Site bawaan dari Microsoft karna kita akan membuat dua Website yang baru.

  • Buat Website yang pertama dengan klik kanan pada 'Sites' lalu klik 'Add Website..."

  • Berikan beberapa informasi parameter yang sesuai seperti gambar berikut. Setelah semua terisi klik OK. (keterangan ada dibawah)

Keterangan : 
Site name = Merupakan nama yang sobat berikan pada site yang akan dibuat.
Physical path = Merupakan letak dari web direktori yang sudah disiapkan.
Binding = Berisi parameter Protocol, IP Address, dan juga Port yang digunakan.
Host name = Merupakan Subdomain yang akan kita arahkan ke Website tersebut.

  • Sekarang kita tambahkan Website lagi untuk sub-domain site.setya.net. Berikan bebarapa parameter seperti contoh berikut.

  • Pastikan Dua buah website sudah ada pada Sites di IIS Manager.

  • Kita lanjut ke pengujiannya. Sebelumnya pastikan IP Address Server (192.168.140.14) bisa diakses dan IP DNS sudah me-resolv ke IP Address Server. Kita bisa menggunakan browser lalu ketikkan sub-domain yang sudah dibuat tadi pada kolom url browser. Berikut adalah website pertama dengan sub-domain web.setya.net.

  • Dan juga akses sub-domain yang kedua yaitu site.setya.net maka hasilnya akan berbeda seperti berikut.

PENUTUP
Oke lah sobat segitu dulu pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mudah dimengerti. Postingan saya tersebut jauh dari kata 'SEMPURNA' jIka ada kesalahan pada postingan saya kali ini saya mohon maaf karna saya juga masih dalam tahap belajar. Jangan lupa berbagi ilmu yang kita bisa kepada orang lain agar kita bisa manjadi manusia yang bermanfaat. Salam sobat networkers.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts