Instalasi dan Query Dasar MySQL Pada Windows Server 2012

Monday, March 16, 2020

PENDAHULUAN
Halo semuanya!!! Salam sobat networkers, balik lagi dengan saya di blog ini tentunya. Kali ini kita akan belajar mengenai Instalasi dan Query Dasar MySQL Pada Windows Server 2012, jadi kita ada dalam materi Database. Sebelum masuk ke installasi dan Query dasar mari kita bahas dulu sedikit tentang database ini.


Pengertian :
Database server adalah program komputer yang menyediakan layanan basis data untuk program komputer lain. Database server didefinisikan sebagai client server model. Database management system menyediakan fungsi-fungsi database server dan beberapa DBMS ( seperti Mysql ) sangat eksklusif untuk client-server model database access. Database server menyediakan fleksibilitas untuk konfigurasi database service yang kita inginkan.
Fungsi :
Database server menyediakan beberapa manfaat yaitu:
  • Semua data untuk organisasi dapat disimpan di satu lokasi.
  • Database server menambahkan tingkat keamanan data.
  • Database server menyediakan layanan database management service dimana data disusun dengan cara tertentu untuk meningkatkan pencarian dan pengambilan data.
  • Beberapa client dapat mengakses data yang disimpan di database server dalam satu waktu tanpa saling mengganggu satu sama lain.
Cara Kerja Database :
Client-server model dapat diartikan sebagai model dari suatu sistem yang membagi proses sistem antara server yang mengolah database dan client yang menjalankan aplikasi. Database server mengurangi beban akses data oleh client secara bersamaan dimana data yang diakses hanya atau diubah berasal dari satu sumber yaitu database pada server.


Manfaat Database Server :
Membuat penggunaan database server memiliki beberapa keuntungan. Anda akan dapat melihat data secara teratur. Hal ini sangat berguna untuk perusahaan dan entitas yang menyimpan banyak informasi, seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email dan masih banyak lagi. Manfaat lain dari menggunakan database server adalah bahwa banyak pengguna dapat mengakses database pada waktu yang sama. Ini adalah cara yang efisien untuk menyediakan layanan kepada banyak orang semua pada waktu yang sama. Beberapa manfaat lain menggunakan database server adalah keamanan, pemulihan data yang mendukung dan mudah menggunakan antarmuka.


Jenis-jenis Database Server :
A.) MySQL.
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL ( Bahasa Inggris: database management system ) atau DBMS yang multi thread, multi user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License ( GPL ), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. MySQL berbeda dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing. MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB. Database server itu memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Micheal "Monty" Widenius.
B.) Microsoft SQL Server.
Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa queri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL server pada basis data besar.
Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol Tabular Data Stream (TDS). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung Open Database Connectivity (ODBC), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering. Pada versi sebelumnya, MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses internet pada tanggal 25 januari 2003.
SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. SQL atau juga sering disebut query merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL dikenalkan pertama kali dalam IBM pada tahun 1970 dan sebuah standar ISO dan ANSII ditetapkan untuk SQL. Standar ini tidak tergantung pada mesin yang digunakan (IBM, Microsoft atau Oracle). Hampir semua software database mengenal atau mnegerti SQL. Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama.
Jenis-jenis Perintah SQL :
1.) DDL atau Data Definition Language.
DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain; Create; Alter; Update; Delete.
2.) DML atau Data Manipulation Language
DML merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain; Select; Insert; Update; Delete.
3.) DCL atau Data Control Language
DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges). Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain; Grant; Revoke. 

INSTALASI MySQL PADA WIDOWS SERVER 2012
  • Pertama download file MySQL pada link berikut ini atau disini, saya menggunakan versi mysql-5.5.62-winx64.msi. Setelah file sudah didownload buka file tersebut, double klik file tersebut dan jika ada pilihan run klik saja run.
  • Setelah itu maka akan ada wizard baru yang akan mengarahkan kita  untuk instalasi MySQLnya. Klik  Next.

  • Centang I accept the terms... lalu klik Next.

  • Pilih Typical lalu klik Next.

  • Setelah itu klik Install.

  • Ceklist Launch the MySQL Instance Configuration Wizard lalu klik Finish.

  • Akan ada Wizar baru lagi, Klik Next.

  • Pilih Detailed Configuration, lalu Klik Next.

  • Pilih Developter Machine, lalu klik Next.

  •  Pilih Multifunctional Database, lalu klik Next.

  • Langkah ini adalah peletakkan path InnoDB Tablespace Settings, biarkan default lalu klik Next.

  • Pilih Decision Support (DSS)/OLAP, lalu klik Next.

  •  Port default yang digunakan adalah 3306, biarkan saja default lalu klik Next.

  • Pilih Standard Character Set, lalu klik Next.

  • Pilih Install As Windows Service, lalu klik Next.

  • Pilih Modify Security Setting setelah itu masukkan password yang nantinya digunakan untuk login ke MySQLnya nanti, lalu klik Next.

  •  Klik Execute.

  • Tunggu beberapa saat sampai semua tercentang, lalu klik Finish.

  • Maka MySQL bisa langsung diakses, salah satunya dari Search engine Windows. Cari saja MySQL pada search engine lalu enter.

  • Maka MySQL sudah bisa diakses, namun kita harus memasukkan password terlebih dahulu yang tadi sudah kita buat.

MENJALANKAN PERINTAH (QUERY) DASAR MySQL
1. Membuat Database baru.
Saya akan membuat contoh dua database baru, yang pertama bernama uji_coba dan yang kedua data_siswa. Untuk membuat database baru sobat bisa gunakan query seperti dibawah ini.


2. Melihat Daftar Database yang Terdaftar.
Dalam MySQL Server, biasanya terdapat bebarpa database tergantung kebutuhan kita. Untuk melihat database yang sudah terdaftar bisa gunakan query berikut ini.


3. Memilih dan Menggunakan Database.
Kita harus memilih database yang akan diguanakan. Untuk memilih menggunakan database data_siswa yang telah dibuat sebelumnya, format query yang bisa digunakan adalah seperti berikut.


4. Menghapus Database.
Kita juga bisa menghapus database yang sudah ada. Seperti contoh disini saya menghapus database uji_coba dengan query berikut.


5. Membuat Table Baru.
Untuk membuat table baru di MySQL sobat bisa lihat contoh dari query dibawah, saya membuat table yang terdiri dari 5 buah kolom serpti berikut.


6. Melihat Table.
Pertintah atau query yang bisa dipakai untuk melihat table adalah sebagai berikut.


7. Melihat Struktur Table.
Untuk melihat struktur dari sebuah table, seperti nama kolom yang tersedia dan juga tipenya, dapat gunakan command seperti berikut.


8. Menambahkan Field Pada Table.
Adakalanya kita harus menambahkan field baru pada table yang sudah terdaftar sewaktu-waktu. Untuk menambahkan field baru dan juga tipenya pada table bisa gunakan query seperti berikut.


9. Menghapus Field Pada Table.
Kalau tadi kita menambahkan field sekarang bagaimana kalau kita ingin menghapus field yang sudah ada? Untuk menghapus field pada table sobat bisa gunakan query seperti berikut.


10.  Menginputkan Data Pada Field Table.
Jika sebelumnya kita sudah buat table beserta field-fieldnya sekarang kita akan menginputkan data kemasing-masing field. Sebagai contoh bisa gunakan query seperti berikut.
Lalu untuk melihat data yang sudah kita inputkan tadi kedalam table bisa gunakan command seperti berikut.


BACKUP & RESTORE DATABASE.
  • Untuk backup & restore database kali ini akan ada file yang akan kita edit. saran saya sobat bisa menggunakan text editor Notepad++ yang bisa sobat dowload di link berikut ini. Sobat bisa install terlebih dahulu Notepad++ nya.
  • Buka CMD, navigasikan letak CMD pada path "C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.5\bin" Lalu akses MySQL dengan comamnd "mysql -u root -p".

  • Lalu buatlah database dan table, nantinya database dan table ini akan kita backup. Seperti contoh dibawah saya membuat database motor dan membuat table motor_vespa dengan satu baris data yang sudah saya inputkan ke table motor_vespa.

  • Masuk lagi ke CMD lalu jalankan Perintah "mysqldump -u root -p --databases motor > motor.sql" lalu masukkan password MySQL. Perintah tersebut akan membackup atau bisa dibilang meng-Export database motor menjadi file dengan format motor.sql, file ini akan tersimpan pada direktori yang sudah kita navigasikan.

  • Sekarang kita buka file Explorer lalu cari file motor.sql pada direktori "C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.5\bin" setelah itu klik kanan pada file tersebut lalu klik 'Edit with Notepad++'.

  • Saya akan coba menambahkan/menginput data baru ke table motor_vespa pada database motor dengan meng-copy satu baris command lalu save. untuk mengeksekusi command tersebut maka kita harus melakukan restore, karna command yang kita jalankan tersebut adalah file backup dari database motor.

  • Sekarang saya akan coba melakukan restore dari file yang sudah saya edit tadi dengan membuka CMD lalu masih dalam path "C:\Program Files\MySQL\MySQL Server 5.5\bin" jalankan perintah "mysql -u root -p < motor.sql" untuk melakukan restore dari file yang sudah kita edit tadi. maka bisa kita verifikasi dengan menjalankan query "SELECT *FROM motor_vespa;" akan ada satu baris data baru yang sebelumnya kita inputkan dari file backup motor.sql tadi.

PENUTUP
Oke lah sobat segitu dulu pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mudah dimengerti. Postingan saya tersebut jauh dari kata 'SEMPURNA' jIka ada kesalahan pada postingan saya kali ini saya mohon maaf karna saya juga masih dalam tahap belajar. Jangan lupa berbagi ilmu yang kita bisa kepada orang lain agar kita bisa manjadi manusia yang bermanfaat. Salam sobat networkers.

You Might Also Like

1 comments

  1. What a really awesome post this is. Truly, one of the best posts I've ever witnessed to see in my whole life. Wow, just keep it up.


    notepadplusplusdownload.com/notepad-download-windows-8



    ReplyDelete

Popular Posts