Macam Macam Port Serta Pengertiannya di Jaringan Komputer

Friday, August 16, 2019

Pengertian Port dan Protokol

Halo semuanya!!! Bertemu lagi dengan saya di blog ini tentunya....
Pada pertemuan kita kali ini kita akan belajar mengenai Port dan Protocol pada jaringan komputer. di bawah juga saya akan memberikan sedikit tabel mengenai service, port, serta protocol yang di gunakan. nanti juga saya akan jelaskan mengenai perbedaan Tcp dan Udp

Pengertian Port

Pada dasarnya port terbagi menjadi beberapa bentuk. Disini saya akan jelaskan dua jenis port yang sering dikenal, yaitu port fisik dan juga port logic. Fungsi port dalam komputer pada umumnya menjadi suatu penghubung yang cukup memiliki peran penting.
1.       Port fisik adalah port yang kita ketahui secara luas. Port fisik dapat dilihat dan kita rasakan secara fisik. Fungsi utama dari port fisik ini pun untuk melakukan penghubungan dua atau lebih komponen yang nyata secara fisik, misalnya menghubungkan antara komputer dengan server dengan kabel, ataupun perangkat lainnya.
2.       Port logic. berbeda dengan port fisik, port logic merupakan jenis port yang tidak dapat terlihat secara fisik, dan tidak dapat kita pegang atau raba. Tetapi port logic ini juga memiliki fungsi yang sama untuk saling menghubungkan antar perangkat melalui protocol ataupun melalui media lainnya.

Pengertian Protokol

Protokol adalah suatu aturan fungsi yang terdapat di dalam sebuah jaringan komputer, contohnya seperti mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda-beda.
 Port dan Potocol yang Sering Digunakan
NO PORT
PROTOCOL
SERVICE
REMARK
20
TCP
FTP-DATA
File Transfer Portocol
21
TCP
FTP
File Transfer Portocol, Connection dialog
23
TCP
TELNET
Remote Access
25
TCP
SMTP
Simple Mail Transfer Protocol
53
UDP
DNS
Domain Name System
69
TCP
TFTP
Trivial File Transfer Protocol
80
TCP
HTTP
Hyper Text Transfer Protocol
110
TCP
POP3
Post Office Protocol V3
123
UDP
NTP
Network Time Protocol
137
TCP
NET-BIOS-NS
Net Bios-Name Service
138
TCP
NETBIOS-DGM
Netbios Datagram Service
139
TCP
NETBIOS-SSN
Netbios Datagram Service
152
BFTP
BFTP
Background File Transfer Program
161
UDP
SNMP
Simpel Network Monitoring Protocol
220
TCP
IMAP3
Interactive Mail Access Protocol Versi 3
3128
TCP
HTTP-PROXY
Web Chance Default by Squid
8080
TPC
HTTP-PROXY
Web Chance Default by Squid

TCP (Transmission Control Protocol) adalah salah satu jenis protokol yang  memungkinkan sekumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu jaringan. Sedangkan UDP (User Datagram Protocol) adalah salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak handal (unreliable), tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
UDP ( User Datagram Protocol ) adalah transport layer yang tidak handal (unreliable), connectionless dan merupakan kebalikan dari transport layer TCP. Dengan menggunakan UDP, setiap aplikasi socket dapat mengirimkan paket – paket yang berupa datagram. Istilah datagram diperuntukkan terhadap paket dengan koneksi yang tidak handal ( unreliable service ). Koneksi yang handal selalu memberikan keterangan apabila pengiriman data gagal, sedangkan koneksi yang tidak handal tidak akan mengirimkan keterangan meski pengiriman data gagal.




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts