Cara Install Dan Konfigurasi FTP (proftpd) Server Di Debian 9

Friday, August 30, 2019


PENDAHULUAN

Halo semuanya bertemu lagi dengan saya di blog ini tentu nya.
Pada pertemuan kita kali ini kita akan mengenal dan belajar tentang FTP server pada Debian 9.5 sebelum masuk konfigurasi ada baiknya kita pahami dulu apa itu pengertian dari FTP server. Agar kita tidak hanya bisa konfigurasi tetapi juga paham konsep dan juga apa yang kita konfigurasi. Oke sekarang apa itu FTP server???
PENGERTIAN FTP SERVER

FTP atau File Transfer Protocol adalah protokol internet yang berjalan dalam satu lapisan aplikasi yang berfungsi untuk tukar menukar data antara client dan server dalam 1 jaringan. Jadi pada intinya server ini berguna bagi kita yang mau melakukan banyak transfer data ataupun file secara efisien antara server dan client kita.
      Baca juga:  Cara Install dan Konfigurasi FTP (vsftpd) Server di Debian 9


TOPOLOGI JARINGAN

Pada topologai jaringan FTP server kita kali ini saya memiliki Server FTP denan IP Address : 10.30.100.114 dan IP Address Client adalah : 10.30.100.115 disini kita harus buat IP Addressnya satu jaringan antara Client dan Server. Dan saya juga menggunakan mode jaringan Host-only Adapter pada Virtualbox.


STEP BY STEP CONFIGURATION

1.INSTALL PROFTPD
Proftpd adalah paket atau aplikasi yang akan kita gunakan untuk konfigurasi FTP Server ini. Untuk menginstall kamu bisa gunakan command dibawah ini.
Command : # apt-get install proftpd
Kemudian jika ada pilihan Y/n pilih Y


Setelah itu kamu akan diperintahkan untuk memasukan DVD 2


Masukan DVD 2 nya, lihat gambar di bawah ini


2. Konfigurasi IP Address Pada Client
Setting IP Address untuk Client harus ada pada Network yang sama dengan IP Server. Saya menggunakan IP Address 10.30.100.115/24.


3. Testing Menggunakan Filezilla
Sampai sini kita telah berhasil menginstall proftpd dan antar client-server sudah dalam satu jaringan yang sama. Sekarang kita akan test apakah FTP sudah bisa dijalankan dengan menggunakan software Filezilla. Buka Filezilla dan masukan Host, Username, Password, serta Port number untuk FTP lalu klik quick connect.


Pada gambar di atas kita telah berhasil login dan antar direktori client dan server kita bisa lihat sudah saling terhubung dan sekarang kita bisa Download serta Upload file.

4. Konfigurasi FTP Default Root
Pada konfigurasi sebelumnya Ftp server kita lihat bahwa seluruh direktori Debian terhubung dengan FTP dan sekarang kita akan konfigurasi agar hanya satu direktori khusus yang bisa terhubung ke FTP Servernya serta kita juga bisa berikan hak aksesnya. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menggunakan FTP Default Root.
Konfigurasi ini ada pada direktori /etc/proftpd/proftpd.conf sekarang kita akan masuk dan edit file tersebut dengan gunakan command di bawah ini.
Command : # nano /etc/proftpd/proftpd.conf


Setelah kita masuk ke file tersebut sekarang cari Script yang bertuliskan # Use this to jail all users in their homes


Kalau sudah ketemu pada baris DefaulRoot hapus tand pagar (#) untuk mengaktifkan Script tersebut. Hapus juga tanda (~) dan tuliskan Script menuju direktori yang kita gunakan sebagai pusat direktori FTP Server kita. di sini saya menggunakan direktori /home/setya atau direktori user pada Debian saya. 


5. Buat Folder baru
Langkah selanjutnya adalah kita coba buat sebuah folder baru pada derktori yang kita tuju tadi. Contoh saya di sini membuat folder bernama Tkj pada direktori Setya. Dan juga kita buat user baru untuk folder tersebut serta berikan hak akses folder tersebut sesuai keinginan kita. Untuk konfigurasinya kalian bisa lihat Command dan gambar berikut.
Membuat folder baru : # mkdir Tkj
Membeuat user : # adduser serverkevin

Memberikan Hak akses : # chmod 777 Tkj


Setelah itu kita akan gunakan command : # usermod -d /home/setya/ serverkevin untuk mengubah hak akses folder ke user yang sudah terbuat. Lihat gambar berikut.


6. Restart Servernya

Saatnya kita Restart server nya dengan menggunakan command : # /etc/init.d/proftpd restart


7. Pengujian

Saatnya kita uji coba FTP Servernya apakah sudah bisa diakses atau belum. Gunakan browser untuk pengujiannya. Caranya buka browser masukan alamat ip server kita seperti berikut : ftp://10.30.100.114 setelah masuk kamu pasti akan diperintahkan memasukan username dan password. Dan masukan username dan password salah satu user Debian kita.


Jika kita sudah berhasil login maka folder Tkj yang tadi kita buat tadi akan muncul seperti gambar berikut.

      Baca juga: Cara Install dan Konfigurasi DNS server pada debian 9

KESIMPULAN

Pada Debian ini kita bisa gunakan FTP Server untuk transfer file. Di Debian aplikasi yang lumayan popular dan juga dibutuhkan adalah proftpd. Dan juga proftpd ini sangat mudah dikonfigurasi. Tadi kita juga sudah mengerti mengenai konfigurasi DefaultRoot dimana tanpa adanya DefaultRoot FTP Server kita jika kita akses maka Client bisa mengakses seluruh direktori yang ada pada server kita. Agar kita bisa membatasi akses si client solusinya adalah dengan menggunakan konfigurasi DefaultRoot ini sobat.

Oke sobat segitu dulu belajar kita kali ini. Jika postingan ini sangat membantu ada baiknya sobat bisa share postingan ini ke temen-temen sobat agar kita dapat saling berbagi ilmu tentunya. Dan pastinya postingan saya ini sangat jauh dari kata “SEMPURNA” maka dari itu kurang atau lebihnya saya mohon maaf ya.. dan jika ada yang masih bingung bingung silahkan tanyakan saja dikolom komen. Saya akhiri Wassalamualaikum Wr Wb.

___SALAM SOBAT NETWORKERS___

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts