Cara Menghubungkan Router Mikrotik ke Internet via Winbox

Saturday, February 23, 2019




Salam sobat Networker's....., bertemu lagi dengan saya di blog ini. kali ini saya akan membuat tutorial "cara menghubungkan router mikrotik ke internet via winbox" tapi sebelum masuk tutorialnya pastikan device router mikrotik telah terhubung ke laptop/pc client kalian, kalian bisa lihat apakah router sudah terhubung ke laptop/pc client atau belum dengan cara melihat lampu indikator interfaces pada router mikrotik, jika lampu indikator-nya menyala itu berarti laptop/pc client sudah terhubung ke router mikrotik. 

Setelah terhubung maka kita bisa langsung mengkonfigurasi router mikrotik-nya via winbox, Sebelum itu saya akan tuliskan terlebih dahulu Algoritma seluruh konfigurasi yang akan kita lakukan secara berurutan agar nanti saat konfigurasi tidak bingung dan "keder". berikut langkah-langkah yang akan kita lakukan :

# Konfigurasi IP address pada laptop/pc client.
# Login Mikrotik ke Winbox.
# Rename interfaces LAN dan WAN.
# Konfigurasi IP address interfaces LAN dan WAN.
# Konfigurasi IP route.
# Konfigurasi Wireless Security Profile.
# Mengoneksikan Mikrotik ke Wifi Sumber internet (ISP).
# Konfigurasi DNS.
# Konfigurasi Firewall >> NAT.
# Ping ke salah satu website pada terminal Mikrotik.
# Ping ke salah satu website pada CMD laptop/pc client.

Oke langsung menuju ke langkah pertama.

1. Konfigurasi IP address pada laptop/pc client.
Konfigurasi IP address ini bertujuan agar pc mendapatkan akses dari router mikrotik. pertama kalian buka :
control panel>>network and sharing center>>change adapter setting>>klik kanan pada interface ethernet>>properties>>klik properties pada internet protocol version 4(tcp/ip)>>lalu masukan ip address, netmask, default gateway, serta dns server address.
disini kita menggunakan:
ip address : 192.168.1.2
netmask : 255.255.255.0
gateway : 192.168.1.1
dns server address : 8.8.8.8 (dns google)
dan alternative dns server : 8.1.8.1
lebih jelas nya lihat gambar berikut.


2. Login Mikrotik ke Winbox.
Kali ini kita akan mengoneksikan router mikrotik nya ke winbox untuk kita konfigurasi. dengan cara buka winbox>>pilih sub-menu neighbors>>pilih mac address yang terdeteksi>>lalu klik connect.
lebih jelasnya lihat gambar berikut.


3. Rename interfaces LAN dan WAN.
Nah disini interface LAN adalah menuju pc client sedangkan interface WAN adalah menuju ISP (Internet Service Provider) Rename di sini bertujuan agar admin mudah membedakan mana interfaces LAN dan mana interfaces WAN. sehingga admin lebih mudah dalam mengkonfigurasi interfaces. oke langsung saja kita rename kedua interfaces tersebut.

a.) interfaces LAN.
buka menu interfaces pada winbox lalu double klik ethernet1 setelah itu pada sub-menu general kita rename dengan nama ether1-LAN lalu klik oke, maka ethernet 1 akan berbah namanya.


b.) Interface WAN.
Double klik pada interface yang menuju pada ISP, lalu pada sub-menu general disini kita rename menjadi wlan1-WAN, lalu kita aktifkan interface tersebut dengan klik enable lalu oke.


4. Konfigurasi IP address interface LAN dan WAN.
Konfigurasi disini bertujuan untuk menghubungkan network LAN dan WAN agar bisa saling terhubung. lanjut kita konfigurasi:
a.) Konfigurasi IP address interface WAN.
Buka menu IP pilih addresses kita klik tanda plus (+) untuk menambahkan IP address. kita isi interface WAN (ISP) dengan:
Address : 192.168.2.215/24 (IP address disini adalah ip yang menuju ISP)
Network : 192.168.2.0 (boleh diisi boleh tidak)
Interface : wlan1-WAN
klik OK


b.) Konfigurasi IP address interface LAN.
Klik ikon plus (+) kita isi :
Address : 192.168.1.1/24 (ip address disini kita sesuaikan dengan ip gateway pada pc client)
Network : 192.168.1.0 (boleh diisi boleh tidak)
Interface : ether1-LAN
klik OK


5. Konfigurasi IP route.
Konfigurasi ini bertujuan untuk menhubungkan router mikrotik yang sedang kita konfigurasi dengan router yang terhubung dengan ISP. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. buka sub-menu IP lalu klik routes, setelah itu klik tanda plus (+) untuk menambah kan IP route-nya, pada New Route kita pilih sub-menu General lalu masukan :
Dst. Address : 0.0.0.0/0 (default)
Gateway : 192.168.2.1 (merupakan IP gateway router yang menuju ke ISP)
lalu klik OK


6. Konfigurasi Wireless Security Profile.
Sampai di sini interface wlan1-WAN masih belum bisa terhubung karena interface tersebut merupakan interface dengan transmisi jaringannya menggunakan wireless sehinga ia dilindungi oleh wireless security profile, cara agar kita bisa membukanya adalah dengan memasukan password router yang telah tersambung ISP. cara nya adalah sebagai berikut. buka menu wireless pada winbox lalu masuk ke New Security Profile pada sub General masukan:
Name : profile1 (disini name nya saya biarkan default)
WPA & WPA2 : 2018c4turgl0b4l (masukan sesuai password dari router yang menuju ISP)
lalu klik OK


     Kita kembali lagi ke menu interface double klik interface wlan1-WAN kita pilih sub-menu wireless, lalu pada security profile kita pilih profile1.

7. SSID di sini masih default itu berarti belum ada ISP yang terhubung ke router kita maka dari itu kita klik scan... untuk men-scan/mencari ISP yang tersedia.


setelah kita klik scan, maka tampilan akan seperti berikut, klik start lalu mikrotik akan men-scan/mencari ISP yang tersedia. disini saya pilih yang ssidnya SMKN-GLOBAL double klik ssid tersebut.


setelah di klik maka tampilannya akan seperti berikut, klik connect untuk menyambungkan ke ISP tersebut, lalu close.


setelah anda close maka kita akan kembali ke interface wlan1-WAN, maka kita bisa lihat SSID disini telah berubah menjadi SMKN-GLOBAL itu berarti kita sudah terhubung ke ISP tsb.
jika sudah berubah maka kita klik OK.


8. Konfigurasi DNS.
Seperti yang kita tahu, Konfigurasi DNS disini bertjuan agar bisa mengubah IP address ke bentuk domain ataupun sebaliknya seluruh website-website yang ada di internet. ikuti langkan berikut. kita pergi ke menu IP lalu pilih DNS, kita langsung saja ke DNS setting dan isikan IP dns-nya menggunakan ip dns server google yaitu 8.8.8.8 kalian juga bisa tambah kan server dns lain seperti 8.1.8.1, centang Allow Remote Request, lalu OK.


9. Konfigurasi Firewall>>NAT
Langkan konfigurasi kita yang terakhir adalah konfigurasi firewall nat. Nat (Network Addrss Transaltion) berfungsi untuk menterjemahkan IP Private (local) menjadi IP Public (internet) agar Client local kita bisa mengakses internet public.
ikuti langkah berikut.buka menu IP lalu pilih Firewall, kita langsung pilih Add (+), pada sub-menu General isi kolom :
Chain : scrnat
Out. Interface : wlan1-WAN (interface yang terhubung ke internet)




setelah itu kita beralih ke sub-menu Action pada kolom Action pilih masquerade, setelah itu OK. lebih jelasnya lihat gambar berikut.





10. Ping ke salah satu website pada terminal Mikrotik.

Setelah melakukan beberapa konfigurasi diatas seharusnya mikrotik sudah bisa terhubung ke internet, untuk itu kita akan cek dengan menggunakan service PING. kita akan Ping ke google.com dan ping dns server google 8.8.8.8 pada terminal mikrotik di winbox. buka new terminal pada winbox ketik:

a.) ping google.com

b.) ping 8.8.8.8

jika berhasil terhubung ke internet maka hasilnya akan seperti ini.



10. Ping ke salah satu website pada CMD laptop/pc client.
Langkah terakhir kita adalah memastikan apakan di End Device kita atau pc client sudah terkoneksi internet dengan cara PING. buka cmd pada pc/laptop, lalu kita ping ke ip gateway kita yaitu ip pada ether1-LAN Mikrotik untuk memastikan apakah pc kita terhubung ke router mikrotik. jika sudah terhubung kalian bisa ping ke google.com untuk benar-benar memastikan bahwa end device atau pc sudah terkoneksi internet. jika terhubung maka akan seperit berikut.


YUPP.... 
Tutorial tadi kita sudah berhasil. Sekian dulu tutorial dari saya, semoga tutorial ini bermanfaat dan bisa membantu sobat networker's yang lagi belajar konfigurasi dasar mikrotik, jangan lupa share blog ini ke temen-temen kalian supaya bisa membantu banyak orang lagi, jika masih ada yang bingung atau kurang ngerti bisa tanya aja di kolom komentar, kurang lebih nya saya mohon maaf. saya akhiri...

WASSALAMUAILAIKUM WR.WB
___SALAM SOBAT NETWORKERS____

You Might Also Like

6 comments

Popular Posts