10 Perintah Dasar Windows PowerShell

Sunday, October 27, 2019


Pendahuluan
Hallo semuanya salam sobat networkers bertemu lagi dengan saya di blog ini tentunya. Pada pertemuan kita kali ini kita akan belajar mengenai perintah dasar pada windows powershell. sebelumnya kita harus tau apa itu powershell. jadi...
Powershell merupakan command line interaktif dan bahasa pemrograman scriptingberorientasi objek yang dimiliki oleh microsoft windows yang bersifat open source. Powershell juga merupakan automation platform yang memudahkan administrator dalam melakukakn otomatisasi dan manajemen sistem operasi Windows dan Windows Server.
Powershell dibuat berdasarkan kerangka .NET framework untuk mengimplementasikan berbagai mancam operasi serta dapat menghasilkan output tidak hanya dalam bentuk text tapi dapat juga berdasarkan .net object yang menyebabkan powershell kaya akan object dan funsionalitas.
Powershell juga menyediakan API yang dapat membuat powershell dapat tertanam pada aplikasi lain dan juga aplikasi lain dapat memanfaatkan fungsionalitas powershell untuk mengimplementasikan fungsi tertentu pada aplikasi tersebut.
Dan sekarang apa perbedaan powershell dengan CMD???
Perbedaan Powershell Dengan CMD.
Perbedaan antara powershell dengan command prompt (cmd) adalah powershell menggunakan command yang berbeda yang dikenal sebagai cmdlets yang dapat dimanfaatkan dari mengubah registry sampai mengatur Windows Management Instrumentation (WMI) yang mana ini tidak bisa dilakukan oleh cmd.
Command pada powershell juga dapat dibuat dalam bentuk scripting environment yang dapat digunakan untuk membuat script sederhana sampai kompleks untuk memanajemen windows dimana cmd juga tidak bisa melakukannya. Singkatnya powershell lebih kompleks dan powerfull daripada cmd.
Perintah Dasar Windows Powershell.
  • "help" perintah ini memberikan Informasi tentang command yang ada dalam server.





    • get-process Perintah ini menginformasikan data penggunaan cpu beserta identitas ID lainya.



    • get-service Perintah ini untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan dan stop.





      • get-command Perintah ini untuk melihat perintah apa saja yang ada dalam perintah cmd.



      • get-command -module nettcpip -name*ip* Perintah ini untuk melihat  perintah apa saja yang ada dalam IP



      • get-netipconfiguration Untuk melihat konfigurasi ip address. 



      • get-command *-*firewall* Untuk melihat beberapa command dari firewall.




        • Write-host "( .. )" untuk menampilkan perintah sederhana.


        • untuk mengaktifkan RDP (Remote Dekstop Protocol) kita pindah direktori C:\Windows>>System32 lalu gunakan perintah .\qwinsta.exe /server:$computer



        • "Get-ExecutionPolicy" untuk mengetahui kebijakan eksekusi apa yang digunakan sebelum Anda mencoba menjalankan skrip. Anda bisa mengetahuinya dengan menggunakan perintah Get-ExecutionPolicy.



        You Might Also Like

        2 comments

        Popular Posts