Cara Menghubungkan Mikrotik Ke Internet Via SSH (CLI)

Friday, October 11, 2019


Halo semuanya balik lagi dengan saya di blog ini tentunya....
Pada pertemuan kita kali ini akan saya bahas mengenai "Cara Mengoneksikan Mikrotik Ke Internet Via SSH (CLI)" Pada topologi saya kali ini, Saya menggunakan Wireless sebagai sumber internetnya, Jadi nanti kita akan belajar juga cara mengoneksikan antara Wireless AP ke Station milik mikrotik kita. Sebelumnya saya juga memposting Tutorial yang sama namun pada tutorial tersebut saya menggunakan Winbox untuk konfigurasinya kalau mau baca-baca dulu klik link disini.

Karna saya akan mengakses Mikrotik Via SSH maka sebelumnya kita harus setting IP Address Interface Mikrotik terlebih dahulu supaya nantinya bisa kita akses SSH di Client. Jangan lupa konfigurasi IP Addressnya pada interface MIkrotik yang terhubung langung dengan Client.

  • Disini saya menggunkan Winbox untuk Konfiugurasi IP Address ether2 saja. Konfigurasi bisa kalian setting pada Winbox --> IP --> Address lalu kalian klik Add (+) dan konfigurai IP Addressnya.

  •  Jangan lupa konfigurasi IP juga di client dan samakan networknya dengan Mikrotik serta gatewaynya menggunakan IP Mikrotik tadi

  • Silahkan kalian buka Putty lalu ketik IP Mikrotik kalian Via SSH dan Klik open

  • Disini klik yes saja

  • Pertama pastinya kita harus setting hostname, berikan hostname Mikrotik sesuai keinginan kalian. Gunakan Command seperti gambar berikut ini :

  • Jika mikrotiknya masih belum ada konfiugurasi atau masih baru biasannya interface wirelessnya masih disable oleh sebab itu kita harus enable terlebih dahulu interface wlan-nya dengan command seperti berikut :

  • Jika Wifi atau sumber internet kalian di-enkripsi atau password maka sebelum mengoneksikannya kita harus buat terlebih dahulu Security profile nya sesuai dengan enkripsi pada Wifi kalian, Berikut command nya :

  • Gunakan juga mode sation pada interfaces wireless kita karena Mikrotik kita akan menjadi penerima atau penangkap sinya Wifi kita. Gunakan Command Berikut :

  • Masukan juga ssid pada wireless sesuai dengan ssid atau nama wifi kita. berikut commandnya :
  •  Disini ssid wifi saya adalah SMKN CATURGLOBAL

  • Masukan juga security profile yang sudah kita buat tadi. Berikut command nya :
  •  Secure1 adalah nama Security profile yang saya buat sebelumnya

  •  Sampai sini kita sudah terhubung ke Wifi, sekarang kita akan merequest ip dhcp dari Wifi kita dengan menggunakan command berikut :

  • Setelah itu kita lihat apakah kita sudah mendapatkan ip dhcp atau belum dengan command berikut :

  • Konfigurasi firewall nat agar ip local kita bisa akes ip public dengan rule sebagai berikut :

  • Kita setting dns allow remote request agar nanti client bisa meresolv ip dns menggunakan ip address Mikrotik

  • Cek koneksi dari router ke google dengan PING dan pastikan sudah terkoneksi

  •  Cek juga koneksi dari Client ke Mikrotik dan juga dari Client ke google dengan test PING

Nah itu dia sobat pembelajaran ktia kali ini semoga bermanfaat
Kurang lebihnya mohon maaf yaa...
Wassalamualaikum Wr Wb

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts