Cara Install CACTI Untuk Memonitoring Server Pada Debian

Thursday, April 16, 2020

PENDAHULUAN
Halo Semuanya!!! Salam sobat networkers, bertemu lagi dengan saya di blog ini tentunya. Pada postingan saya kali ini saya akan membahas mengenai Cara Install CACTI Untuk Memonitoring Server Pada Debian. Oke tanpa basa basi lagi, seperti biasa sebelum melakukan konfigurasi saya akan bahas terlebih dahulu perngertian CACTI serta skenario jaringan yang akan kita gunakan.

Pengertian CACTI
CACTI adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk monitoring jaringan yang memanfaatkan Protocol SNMP. Aplikasi ini berbasis WEB Application, sehingga untuk menjalankannya kita membutuhkan sebuah WEB Server dan juga WEB Browser.

Skenario Jaringan
Pada skenario jaringan kali ini kita menggunakan toplogi client-server sebagai berikut.
Jadi nantinya kita harus melakukan instalasi CACTI Monitoring pada Server itu sendiri, lalu setelah kita melakukan installasi barulah kita bisa melakukan monitoring pada client menggunakan WEB Browser. Saya asumsikan bahwa konfigurasi IP Address sudah dilakukan dan antara Client dan Server sudah bisa saling terkoneksi.

INSTALASI CACTI MONITORING
Telah dijelaskan sebelumnya bahwa CACTI merupakan aplikasi berbasis WEB Application sehingga kita perlu menjadikan server sebagai WEB Server terlebih dahulu. Tapi tenang untuk menjalankan CACTI kita tidak perlu melakukan konfigurasi WEB Server yang rumit, melainkan kita cukup menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan WEB Server seperti apache2, mysql-server, php7.0. Untuk menginstall aplikasi-aplikasi tersebut bisa menggunakan perintah berikut.
root@tkjstudies:~# apt-get install apache2 mysql-server php7.0

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa CACTI memanfaatkan Protocol SNMP agar bisa berjalan dengan baik, oleh karna itu kita diharuskan untuk menginstall protocol ini pada server jika ingin melakukan monitoring. Berikut perintah untuk menginstal protocol tersebut.
root@tkjstudies:~# apt-get install snmp snmpd

Setelah semua aplikasi tersebut tersinstal, maka sekarang kita bisa melakukan instalasi CACTI. Sobat bisa menggunakan repository dari DVD/ISO jika ada paket CACTI ataupun jika tidak ada paket CACTI pada repository DVD/ISO sobat bisa menggunakan repository lain yang ada diinternet. Untuk instalasi CACTI bisa menggunakan perintah sebagai berikut.
root@tkjstudies:~# apt-get update
root@tkjstudies:~# apt-get install cacti

CACTI membutuhkan database, pada langkah ini ada pertanyaan apakah kita ingin membuat database yang dibutuhkan CACTI? Pilih YES untuk melanjutkan.
Selanjutnya CACTI akan mengarahkan kita untuk membuat Passoword baru untuk nantinya kita login ke halaman utama CACTI pada WEB Browser client.
Masukkan password yang baru sekali lagi untuk konfirmasi.
Pada langkah ini kita diharuskan memilih aplikasi WEB Server yang digunakan oleh server. karna saya menggunakan aplikasi apache2 maka saya memilih aplikasi apache2.
MENGAKSES CACTI MENGGUNAKAN WEB BROWSER CLIENT
Sampai saat ini kita telah melakukan instalasi CACTI. Sekarang kita akan mengakses CACTI menggunakan WEB Browser pada client. Untuk mengakses CACTI kita bisa menggunakan format ip_address_or_domain/cacti karna saya sudah mengkonfigurasi dns server, saya bisa menggunakan domain untuk mengakses CACTI sebagai berikut. Masukkan user default "admin" dan password yang tadi kita buat pada saat instalasi CACTI.
Berikut adalah halaman utama console CACTI. Disini kita bisa melakukan konfigurasi pada CACTI seperti menambahkan device yang ingin dimonitoring, administrasi user, dan lain-lain.

Untuk memonitoring server, kita bisa pergi ke TAB "graphs" pada Default Tree pilih Host: Localhost yang merupakan server kita. Kita bisa memonitoring seperti Memory Usage, Logged in Users, Processes, serta Load Average dalam bentuk graph seperti berikut.
PENUTUP
Oke lah sobat segitu dulu pembelajaran kita kali ini, semoga bisa bermanfaat dan mudah dimengerti. Postingan saya tersebut jauh dari kata 'SEMPURNA' jIka ada kesalahan pada postingan saya kali ini saya mohon maaf karna saya juga masih dalam tahap belajar. Jangan lupa berbagi ilmu yang kita bisa kepada orang lain agar kita bisa manjadi manusia yang bermanfaat. Salam sobat networkers.



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts