Cara Konfigurasi FSRM (File Menegement Task) di Windows Server 2012

Sunday, January 12, 2020


PENDAHULUAN
Halo semuanya!!! Salam sobat networkers, bertemu lagi dengan saya di blog ini tentunya... pada pertemuan kita kali ini kita akan lanjut lagi belajar mengenai FSRM yang sebelumNya kita telah belajar File Screening, sekarang kita lanjut belajar File Management Task. Seperti biasa ada baiknya kita bahas sedikit terlebih dahulu pengertian File Management Task.

Jadi File Mangement Task adalah salah satu fitur yang ada pada FSRM (File Server Resource Manager) yang berfungsi untuk memanajemen apa saja yang dilakukan oleh Sistem pada suatu folder tertentu jika suatu kondisi yang ditentukan terpenuhi dengan Terjadwal (Scheduled) maupun Tidak Terjadwal (Unscheduled) serta memberikan/tidak memberikan Laporan/Event Log sebelum Action yang ditentukan dijalankan. Belum Paham ? Coba silahkan anda Praktekan cara Konfigurasi nya, pasti nanti bisa Paham dengan sendirinya, ya kan?


Berikut adalah fungsi utama dari File Management Task antara lain :

  • Menghapus/Memindah kan isi dari Folder yang ditentukan ke Folder Expired. Secara Terjadwal maupun Tidak.
  • Melakukan Pengubahan Permissions pada Folder yang ditentukan.
  • Melakukan penjadwalan Action Secara Berkala terhadap Folder yang ditentukan.
CONTOH KASUS FILE MANAGEMENT TASK 

Scenario Pertama : "Anda memiliki file server yang digunakan untuk menyimpan file yang digunakan oleh berbagai proyek di seluruh proyek anda. Setelah bebarapa saat, anda menyadari bahwa anda cepat kehabisan ruang disk. Ketika anda melihat penggunaan hardisk, anda melihat bahwa alasan sistem mengisi adalah proyek yang lebih tua tidak pernah dihapus atau diarsipkan. Solusi apa yang akan anda usulkan untuk menangani hal ini?"
Scenario Kedua : "Anda mendapat tugas dari salah satu perushaan terbesar di indonesia. Tugas anda menangani data-data karyawan mulai berkerja tahun 2015-2017. Data dibawah tahun 2015 ini secara otomatis akan dihapus oleh system setiap hari minggu jam 24:00 wib. Kemudian buat cadangan file-file tersebut pertahun dan dilaporkan dalam bentuk CSV!"
     Baca juga: Cara Konfigurasi FSRM (File Screening) di Windows Server 2012 

KONFIGURASI SCENARIO PERTAMA
  • Langkah pertama buka File Server Resource Manager di Server Manager, lalu Klik File Management Tasks >> Lalu Create File Management Task.


  • Pada Tab General, di kolom Task name isikan nama sesuai keinginan, jangan lupa untuk mencentang Enable. Lalu pada kolom Description isikan deskripsi ini optional.


  • Lanjut ke Tab Scope pilih folder yang akan kita Manage dengan klik tombol Add lalu silahkan sobat arahkan path folderNya. Disini folder saya berada pada C:\Project.


  • Sekarang pilih Tab Action. Pada kolom Type pilih File expiration karena pada skenario pertama disebutkan kita akan mem-Backup Project yang lebih tua. Pada kolom Expiration directory pilih direktori yang akan kita gunakan untuk meletakkan file Backup-an Project. disini saya arahkan ke direktori C:\ArchiveProject.



  • Lanjut ke Tab Notification, Saya akan membuat notifikasi untuk File Management Task-Nya. Klik Add.


  • Akan muncul pop up baru, pada Tab E-mail Manage kalian bisa centang kedua opsi dibawah ini jika kalian ingin mengirimkan notifikasi ke Email sobat, Jika tidak ingin maka tidak usah dicentang.


  • Lalu pada Tab Event Log sobat bisa centang opsi 'Send warning to event log' untuk memunculkan notifikasi pada log server. Pada opsi Advance notification (in days) saya berikan angka 7 yang berarti notifikasi akan dikirim sebelum 7 hari. Klik OK jika sudah.


  •   Sekarang rule notifikasi sudah ada.


  • Lanjut ke Tap Report, jadi di sini sobat bisa membuat laporan pada File Management Task, Bisa berupa DHTML, HTML, XML, CSV, dan juga Text. kali ini saya akan pilih yang HTML.


  • Sekarang Tab Condition, pada tab ini sobat bisa mengatur kapan file-file yang ada pada folder kadarluarsa dan setelah kadarluarsa action bisa berjalan pada file tersebut. Saya akan pilih opsi yang ke tiga dan saya akan menetapkan jika file tersebut terakhir diakses 365 hari yang lalu makan file tersebut sudah kadarluarsa.


  • Terakhir adalah Tab Schedule, pada Tab ini sobat akan mengatur penjadwalan folder sobat dicek oleh system, kalau disini saya akan buat jadwal setiap mingguNya folder akan dicek pada hari minggu dan senin jam 9:00. Jadi pada waktu tersebut akan dicek secara otomatis apakah ada file yang sudah kadarluarsa jika ada maka file tersebut akan diArchiveKan ke folder yang sudah tersedia. Kalau sudah semua klik OK.



  • Sekarang pada File Management Task sudah ada rule baru yang bernama PROJECT.

KONFIGURASI SCENARIO KEDUA
  • Seperti sebelumNya kita buat File Mangement Task baru dengan klik Create File Management Task.




  • Sesuai dengan skenario saya akan berikan nama TaskNya DATA KARYAWAN, serta jangan lupa centang EnableNya. dan DeskripsiNya optional.
 

  • Pada Tab Scope, pilih folder yang akan kita Manage. Disini folder saya berada pada C:\DataKaryawan2015-2017.


  • Lanjut ke Tab Action, pada opsi TypeNya saya pilih File expiration. Dan file BackupNya saya akan letakkan pada C:\ArchiveDataKaryawan2015-2017.


  • Lanjut ke Tab Notification, disini saya hanya membuat notifikasi untuk log saja.


  • Pada Tab Report kita akan buat laporan bentuk CSV sesuai dengan skenario diatas.


  •   Lanjut ke Tab Condition, Pada skenario kedua dijelaskan bahwa data dibawah tahun 2015 akan di hapus dan archiveKan karena sekarang tahun 2020 maka data tersebut sudah berumur 5 tahun itu berarti dalam hitungan hari adalah 1825 (5 X 365).


  • Terakhir Tab Schedule, Pada Skenario kedua telah dijelaskan mengenai penjadwalannya yaitu penjadwalan pengecekkanNya akan dilaksanakan mingguan di hari minggu jam 24:00 Wib. Terakhir kalau sudah semua klik OK.


  • Dan bisa dilihat File Mangement Task yang baru sudah ada dengan Task Name DATA KARYAWAN.
PENUTUP
Oke sobat begitulah KonfigurasiNya, Mudah bukan?? Kalau masih bingung tanyakan saya di kolom komen dan pastinya postingan saya ini jauh dari kata “Sempurna” maka dari itu kurang atau lebihNya saya mohon maaf. Semoga postingan saya tadi bermanfaat bagi sobat yang sedang belajar Konfigurasi FSRM, File Management Task  pada Windows Server 2012, Sobat bisa share postingan ini jika bermanfaat dan Jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu yang kita miliki ya sobat. Salam Sobat Networkers.
My reference sources :  



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts