Cara Install Wordpress Dengan LAMP di Debian 9

Wednesday, December 11, 2019


PENDAHULUAN
Halo semuanya!!! Salam sobat networkers, bertemu lagi dengan saya di blog ini tentunya... pada pertemuan kita kali ini kita akan belajar mengenai CMS (Content Management System) dan CMS yang saya gunakan untuk konfigurasi pada postingan ini adalah CMS Wordpress. Diharap sobat sudah paham mengenai Web Server. Sobat bisa berkunjung ke postingan saya tentang Web Server jika sobat belum paham betul tentang Web Server. Dan sekarang yang jadi pertanyaan apa itu CMS??CMS (Content Management System) adalah sebuah  perangkat lunak atau sistem yang mengatur konten pada situs web, bisa situs web berupa company profile, e-commerce, blog, forum, dan lainnya.

LANGKAH-LANGKAH KONFIGURASI
1. Pertama yang kita butuhkan adalah file CMS WordpressNya, file pertama adalah berekstensi .zip atua .tar dan sejenisnya yang nantiNya kita harus ekstrak terlebih dahulu. fileNya bisa kalian download di website resmiNya atau dari debian langsung dengan command : # wget https://wordpress.org/latest.tar.gz



2.  Mekarkan file latest.tar.gz dengan command : # tar xzvf latest.tar.gz -C /var/www yang berarti setelah dimekarkan akan ada sebuah folder bernama wordpress dan nanti nya akan diletakkan pada /var/www.



3. Ubah kepemilikkan folder wordpress menjadi www-data:www-data dengan command : # chown -R www-data:www-data /var/www/wordpress/.


Pastikan kepemilikkan folder tersebut sudah terubah menjadi www-data:www-data.



4. Edit file virtual host masing-masing. Command : # nano /etc/apache2/site-available/default-ssl.conf



5. Ubah letak path DocumentRoot arahkan ke folder wordpress seperti contoh : DocumentRoot /var/www/wordpress.



6. Sekarang kita akan buat database untuk website kita nantinya. Untuk database server saya menggunakan mysql-server, untuk menginstall nya adalah command : # apt-get install mysql-server.



7. Setelah diinstall masuk ke mysql dengan command : # mysql -u root -p, setelah itu berikan perintah-perintah berikut untuk membuat user dan database yang akan digunakan.
> create database wordpress; 
> create user 'kevin'@'localhost' identified by '12321';
> grant all privileges on wordpress.* to 'kevin'@'localhost';
> flush privileges;
 


8. Setelah kita membuat user dan database sekarang restart service apache2nya dengan command : # /etc/init.d/apache2 restart.



9. Lanjut ke installasi wordpress. Akes ke website kalian seperti contoh disini https://setya.net.



10. Isikan data-data untuk database username dan password yang digunakan.



11. Klik Run teh installation untuk langsung menginstall.



12. Sekarang kita harus mengisikan informasi untuk Website kita nantinya seperti judul, username dan password untuk login ke wordpress, serta email.



13. Klik Let's go



14. Login menggunakan username dan password yang tadi kita buat.



15. Sekarang akan diarahkan ke halaman dashboard wordpress untuk memanajemen wordpress kita seperti menambah postingan dan lain-lain.



16. Installasi selesai, sekarang buka website kita lagi maka halaman website kita akan lebih menarik dengan adanya wordpress.

             Baca Juga: Cara Install dan Konfigurasi IIS di Windows Server 2012

Penutup
Oke sobat begitulah KonfigurasiNya, Mudah bukan?? Kalau masih bingung tanyakan saya di kolom komen dan pastinya postingan saya ini jauh dari kata “Sempurna” maka dari itu kurang atau lebihNya saya mohon maaf. Semoga postingan saya tadi bermanfaat bagi sobat yang sedang belajar CMS Wordpress, Sobat bisa share postingan ini jika bermanfaat dan Jangan sungkan-sungkan untuk berbagi ilmu yang kita miliki ya sobat. Salam Sobat Networkers

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts