Cara Menginstall Mikrotik RouterOS secara Virtual menggunakan Virtualbox

Saturday, April 27, 2019




     Halo teman2, ketemu lagi sama saya di sini di blog ini, buat temen2 yang belom tau nama saya kevin setiawan dari SMK CATUR GLOBAL BEKASI kelas 10 tkj. blog ini membagikan tutorial2 informasi2 seputar dunia Networking dan Computer System. Nah pada kali ini saya akan membagikan tutorial installasi mikrotik routerOS, pada mesin virtual.
     Pada tutorial kali ini ada dua bagian. pertama tutorial setting mesin virtual (virtual box) dan yang ke dua tutorial installasi mikrotik nya, langsung masuk saja ke tutorialnya.

1. Setting pada mesin virtual box.

A. klik new pada virtual box, dan beri nama, disini saya namakan mikrotik1


B. Setting RAM secukupnya, saya kali ini memberikan 128 MB RAM pada mesin virtual.


C. Dan pada tahap selanjutnya kita next-next saja biar kan settingan secara default.




D. Nah pada step ini kita beri kan size secukup nya saja sesuai kebutuhan. disini saya beri 700-an MB


E. Setelah kita create, masuk ke setting.


F. Pada kolom Storage masukan ISO mikrotik seperti berikut.


G. Pada kolom Network  kita Enable adapter 1 dan 2, pada adpter 1 kita gunakan bride dan adapter 2 kita guanakan Host only adapter. Klik oke.



H. Sekarang kita Start mikrotik1 nya.


2. Installasi Mikrotik RouterOS

A. Setelah kita start akan muncul gambar sepert berikut disini saya tidak centang semua nya, saya centang System, dhcp, advanced, multicast, routing, dan securtity dengan type space. lalu type "i" untuk install.

B. Selanjut nya pilih "n" dan "y" lalu enter


C. Sebelum enter pastikan mikrotik ISO tidak tercentang, ikuti langkah berikut.


D. Lalu setelah Reboot kita akan disuruh memasukan Mikrotik login dan password. untuk mikrotik login ketik saja admin dan untuk password kosongkan saja (langsung enter)


F. Nah installasi kita sampai sini telah selesai, beginilah tampilan mikrotik setelah diinstall.


Sampai disini saya cukupkan dan setelah ini anda bisa belajar konfigurasi dasar mikrotik di blog saya ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts